Thursday, April 7, 2016

Bisnis Indonesia | 05 April 2016 by Fajry Akbar

1. Pemerintah Tawarkna Tax Allowance kepada Industri Komponen Kendaraan Bermotor
Kementrian Perindustrian menawarkan insentif berupa tax allowance kepada industri komponen kendaraan bermotor. tawaran ini diberikan setelah kementrian tersebut menolak permintaan insentif tax holiday oleh industri kendaraan bermotor. Pemberian tax holiday harus didasari pada ketentuan jenis industri seperti d dalam UU. no. 25.2007, menurut kementrian perindustrian. Tax holiday bisa didapatkan oleh industri pionir sedangkan sektor komponen kendaraan otomotif tidak termasuk. 

2. Panama Papers, menungkap pencucian Uang & Pengemplang pajak
Setelah berdiri selama 40 tahun, Mossack fonseca membantu para klien untuk mencuci uang, menjebatani transaksi ilegel, menghindari sanksi dan kewajiban pajak.Operasi bisnis ekstra tertutup dan rahasia mossack fonsea terkuak ke dalam sebuah bocoran data yang disebut Panama Papers. Bocoran tersebut akan menjadi pukulan telak bagi pemuja tax haven. Panama papers mengungkap aksi 140 politisi yang masih aktif termasuk nama orang terdekat presiden rusia Vladimir putin serta adik ipar presiden Xi jin ping yang sedang melakukan reformasi ekonomi china. Selain itu  terdapat nama, artis internasional, pemain sepak bola, organisasi terorisme (hizbullah), koruptor, dan kartel narkoba. 

3. Tax Amnesty Jadi Pintu Masuk
Pemerintah mengimbau para pemilik dana gelap di luar negeri untuk bersiap memanfaatkan skema tax amnesty seiring dengan preseden panama papers yang merekam praktik pencucian uang dan penghindran pajak. Yustinus Prastowo, direktur CITA mengemukakan preseden panama papers membuat otoritas pajak harus harus memperkuat kompetensi penyelidiikan terhadap intensi perencanaan perpajakan perusahaan.

4. Penerimaan awal tahun barang kena cukai kurang greget 
Penerimaan cukai per akhir maret 2016 masih terkontraksi, penerimaan per maret 2016 sebsar Rp 7,8 trilliun sedangkan penerimaan per maret 2015 adalah RP 23,75 trilliun. BKF akan mengajkan cukai pada plastik sedangkan untuk minuman bersoda belum konklusif.

5. Keringanan Pajak Sedan
Keringanan ajak sedan masih dipertimbangkan oleh pemerintah sebelum memutuskan penurunan pajak penjualan barang mewah untuk kendraaan sedan dari 30% menjadi 10%. Selama ini produksi sedan di tanah air masih minim karena besarnya pajak ng dikenakan. hal itu, mempengaruhi harga jual di pasaran sehingga penguasaan segmen sedan di pasar domestik masih lemah.

7. Kredit sindikasi masih loyo
Kredit sindikasi masih dalam tren penurunan dari tahun sebelumnya hal ini menjelaskan tren menurunnya sektor pertambangan, komoditas dan infrastruktur yang masih berlangsung. hal ini dikarenakan kredit sindikasi digunakan oleh ketiga sektor tersebut.

8. Lampu kuning NPL masih menyala
NPL perbankan nasional masih dalam tren kenaikan hal ini menyebakan perbankan nasional memilih konsolidasi daripada ekspansi.

No comments:

Post a Comment

Menghapus Windows Credentials

Laptop kita terhubung ke server menggunakan user password dan supaya user password itu lepas dari server. Kadang kala setelah kita isi user ...